Sang Juara 3 Kabupaten


LPIR
SEKILAS TENTANG KARYA ILMIAH

Apa kabar pembaca setia Spensa News ???
Sekilas tentang karya ilmiah, ada sebuah eksperimen yang telah terbukti kebenarannya. Judul Karya Ilmiah tersebut adalah “PEMANFAATAN MARKISA (Passiflora edulis) SEBAGAI SUMBER TENAGA LISTRIK ALTERNATIF”. Karya Ilmiah itu dibuktikan oleh salah seorang siswa SMPN 1 Kroya yaitu ARINA ZAIDA ILMA. Dalam karya ilmiah itu menceritakan bahwa buah markisa dapat menyalakan sebuah lampu LED. Kalian semua pasti penasaran ??? Ayo kita simak bersama...
Markisa  merupakan  tanaman yang berasal dari Brasil, Amerika selatan. Nama lain markisa diantaranya Maracujá (Portugis),  Maracuyá (Spanyol), Passion fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Passiflora (Israel), Liliko’i (Hawaii) dan Lᾳc tiến, Chanh dấy atau Chanh leo (Vietnam). Markisa merupakan sumber asam askorbat yang baik. Ia berbentuk bubuk kristal kuning keputihan yang larut dalam air dan memiliki sifat-sifat antioksidan.
Menurut Oxford dictionary energi alternatif sebagai energi  yang digunakan dengan tujuan menghentikan adanya penggunaan SDA yang ada. Sumber pengganti energi listrik dapat menggunakan sifat asam buah markisa. Asam yang berada dalam markisa dapat bersifat sebagai larutan elektrolit. Sifat asam yang dapat menghantarkan arus listrik pada buah markisa dapat menyalakan lampu LED.
    Alat
1)     Lempeng tembaga (Cu) 
2)     Lempeng  seng (Zn)
3)    Lampu dioda LED
4)    Kabel penghubung
5)    Silet
6)    Galvanometer
7)    Kertas lakmus
8)     Kertas PH indikator universal
9)    Penjepit buaya
    Bahan:
a)    Markisa
    Cara Kerja :
1)    Belah buah markisa dengan silet secara membujur.
2)    Masukkan lempeng tembaga dan lempeng  seng pada bagian yang telah di belah.
3)    Uji adanya arus lisrik dengan galvanometer
4)    Hidupkan satu buah lampu LED dengan minimal 2 buah  markisa  melalui rangkaian seri. (Karena arus listrik yang dihasilkan oleh satu buah buah markisa belum dapat menyalakan lampu).
5)    Rangkaian seri dilakukan dengan menghubungkan kabel melalui lempengan  kawat tembaga (Cu) dan seng (Zn). Pemasangan lempengan tersebut sebagai berikut: CU-ZN-CU-ZN-CU-ZN dan seterusnya.
6)    Jepitkan capit buaya diantara  kabel pada lempengan tembaga dan seng tersebut.
7)    Hubungkan  kabel pada lampu LED.
8)    Amati nyala lampu LED yang terjadi.
9)    Pengujian sifat asam dengan cara mencelupkan kertas lakmus baik merah maupun biru secara bergantian pada larutan buah markisa.
10)    Pengujian nilai derajat keasaman (PH) dengan mencelupkan kertas PH indikator kedalam larutan buah markisa

    Hasil percobaan menunjukkan bahwa markisa satu buah menghasilkan arus yang sedikit dan tidak bisa menyalakan LED. Dengan penambahan buah minimal dua buah maka akan menambahkan arus listrik  yang berakibat LED menyala semakin terang. 
Percobaan yang terjadi dalam penelitian menggambarkan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghasilkan sumber tenaga listrik alternatif.  Kadungan zat kimia dan rasa asam yang ada dalam buah markisa dapat menghatarkan arus listrik. Adanya arus yang terjadi mampu menyalakan LED.
Melaui rangkaian yang lebih baik  lagi dari percobaan penelitian ini, maka dimungkinkan tercipta sumber energi yang dapat menggantikan energi yang telah ada.
Kemampuan buah markisa sebagai larutan elektrolit dapat menyalakan lampu. Fenomena ini akan menghemat pemakaian energi listrik dari bahan fosil. SELAMAT MENCOBA...
  ----------------------------Good Luck------------------------
Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com


http://www.funny.org.in - Glitter Text